x
C E P A T I N
X
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.

Blog Details

blog

Alasan Kepopuleran Beras Impor dari Jepang

Rasa lembut yang menyatu di lidah, aroma harum yang menggoda indera penciuman, dan tekstur yang sulit terlupakan membuat beras menjadi makanan pokok yang banyak diminati konsumen Indonesia.


Namun seiring berjalannya waktu, tak dapat disangkal bahwa beras Jepang telah menjadi bintang di panggung kuliner Indonesia. Dibalut dalam sejarah panjang teknologi pertanian yang canggih dan warisan tradisional, beras impor Jepang kini memuncak sebagai simbol kelezatan dan pilihan utama bagi mereka yang menghargai cita rasa tinggi.


Kali ini ayo bahas mengapa beras impor dari Jepang sangat populer dan disukai oleh banyak konsumen di Indonesia.


1. Harga yang Sebanding dengan Kualitas
Dibandingkan dengan beras dari daerah nusantara memang beras asal Jepang memiliki harga yang jauh lebih mahal, untuk harga 1 kilogram beras Jepang dijual dengan harga rata-rata 77 ribu rupiah sementara untuk beras Indonesia hanya sekitar 14 ribu rupiah saja.

Tetapi meskipun memiliki harga yang berkali lipat lebih mahal, kualitas beras Jepang memang sebanding dengan harganya. Keunikan lainnya adalah meskipun beras Jepang memiliki butiran yang pendek dan kecil, namun teksturnya yang lengket membuat beras ini bisa dimakan menggunakan sumpit.

2. Pilihan yang Beragam
Ada banyak jenis beras Jepang yang bisa kamu pilih, namun yang paling populer adalah Koshihikari (こしひかり). Koshihikari memiliki butiran beras yang cenderung lebih besar dengan tekstur lembut dan aroma yang khas. Sebagian besar orang Jepang, memilih jenis beras ini untuk dikonsumsi sehari-hari.

Selain itu ada juga jenis beras lainnya seperti Mochigome (もち米) yang menjadi bahan dasar pembuatan mochi, Genmai (玄米) yakni beras merah yang dikonsumsi dengan kulitnya, Haenuki (はえぬき) beras organic tanpa pestisida, dan berbagai jenis beras lainnya.

3. Teknologi Pertanian Canggih
Jepang menggunakan sistem otomatis yang terkait dengan pemantauan dan pengendalian pertanian. Ini mencakup penggunaan sensor untuk memonitor kondisi tanaman, suhu, kelembaban, dan kebutuhan air. Dengan bantuan teknologi ini, para petani dapat memberikan perawatan yang tepat pada waktu yang tepat. Oleh sebab itu lah kualitas beras Jepang sangat terjaga dan tinggi.

Beberapa petani di Jepang mengadopsi metode pertanian hidroponik dan budidaya vertikal untuk meningkatkan efisiensi penggunaan lahan dan air. Teknologi ini memungkinkan produksi beras yang lebih bersih dan lebih efisien.

4. Pengaruh budaya Jepang
Budaya Jepang yang telah menyebar di seluruh dunia, termasuk makanan Jepang yang khas seperti sushi, ramen, dan hidangan lainnya, telah menciptakan minat global terhadap bahan-bahan yang digunakan dalam masakan Jepang, termasuk beras. Selain itu makanan Jepang juga cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga banyak konsumen yang menaruh ketertarikan pada beras Jepang.

Selain Indonesia, sushi juga menjadi salah satu makanan Asia yang populer di seluruh dunia termasuk di Eropa dan Amerika, hal tersebut juga meningkatkan popularitas beras Jepang di pasar global.

5. Baik untuk kesehatan
Jenis beras seperti Koshihikari dan Hitomebore memang terkenal akan nutrisinya, namun beras lain seperti beras ketan dan beras merah juga memiliki  serat, vitamin, dan mineral yang kaya sehingga baik untuk pencernaan.  Beras alami Jepang juga bebas gluten, sehingga membuatnya cocok untuk orang yang memiliki intoleransi atau alergi gluten.

Namun kamu perlu ingat bahwa semua tergantung dari cara pengolahan beras dan gaya hidup yang kamu lakukan, jika kamu sedang diet maka diet yang kamu jalani juga memiliki pengaruh besar. Untuk menjaga nutrisi dalam beras, sebaiknya masak lah dengan metode tradisional seperti menggunakan penanak nasi.

Ada banyak hal yang bisa menjadi alasan mengapa beras Jepang menjadi salah satu jenis beras dengan banyak peminat di Indonesia, kalo kamu paling suka nasi dari beras yang seperti apa? Tulis jawaban kamu di kolom komentar ya.


Jika kamu tertarik tentang berita menarik seputar ekspor impor, kamu bisa baca artikel mengenai ekspor impor lainnya di blog Cepatin. Kamu juga bisa bertanya mengenai ekspor impor jika kamu ingin mengirim atau mendatangkan barang dari luar negeri di kontak ini.


Leave a Comment