- Admin
- 28 / 02 / 2023
- Transport Warehouse
7 Produk Indonesia yang Populer di Pasar Jepang
7 Produk Indonesia yang Populer di Pasar Jepang
Indonesia merupakan negara yang kaya akan berbagai sumber daya alamnya. Sebagai salah satu negara produsen terbesar di dunia, Indonesia mampu memproduksi berbagai macam produk yang berkualitas tinggi dan diakui di pasar global, termasuk di pasar Jepang.
Di pasar Jepang, terdapat beberapa produk Indonesia yang menjadi primadona dan menjadi pilihan konsumen Jepang. Produk-produk tersebut memiliki kualitas yang baik dan inovatif sehingga mampu bersaing dengan produk dari negara lain.
Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 produk Indonesia yang banyak diekspor ke pasar Jepang. Produk-produk tersebut bervariasi dari produk pertanian hingga produk manufaktur dan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia. Mari kita simak bersama-sama!
1. Minyak Kelapa SawitSumber : www.foodnavigator.com
Bukan hanya ke benua biru, rupanya minyak kelapa sawit juga menjadi produk ekspor terbesar Indonesia ke Jepang, lho. Jepang membutuhkan minyak kelapa sawit untuk produksi makanan dan produk lainnya seperti kosmetik dan bahan bakar. Oleh karena itu pada tahun 2020, nilai ekspor minyak kelapa sawit Indonesia ke Jepang mencapai 1,6 miliar USD.
2. Karet Alam
Sumber : Pexel.com/bagas dwi
Berikutnya adalah karet alam yang menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar kedua Indonesia ke Jepang. Merupakan negara yang aktif pada industri otomotid dan eloktronik, Jepang pun menjadi salah satu importir terbesar karet alam Indonesia. Bahkan pada tahun 2020, nilai ekspor karet alam Indonesia ke Jepang bisa mencapai 1,3 miliar USD.
3. Tembakau
Sumber : Pexel.com/Thibault Luycx
Bukan hanya untuk konsumsi dalam negeri, di urutan ke tiga produk Indonesia yang sering diekspor ke Jepang ada tembakau yang digunakan untuk produksi rokok. Pada tahun 2020, nilai ekspor tembakau Indonesia ke Jepang mencapai 778 juta USD. Jenis tembakau Indonesia yang populer di Jepang antara lain Virginia, tembakau Burley, dan tembakau kretek.
4. Kopi
Sumber : Pexel.com/Thibault Luycx
Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia di pasar global, termasuk konsumen Jepang yang juga jatuh cinta pada kopi dalam negeri. Kopi Indonesia dianggap berkualitas tinggi dan dihargai oleh konsumen Jepang. Jenis kopi Indonesia yang banyak diminati di Jepang antara lain kopi Arabika, kopi Robusta, dan kopi Toraja. Pada tahun 2020, nilai ekspor kopi Indonesia ke Jepang mencapai 290 juta USD, lho.
5. Produk Perikanan
Sumber : Pexel.com/Oziel Gómez
Merupakan negara maritim dengan luas perairan yang lebih dominan, Indonesia pun menjadi negara dengan sumber daya ikan yang melimpah, hal ini lah yang menjadikan produk perikanan menjadi produk ekspor penting Indonesia ke Jepang. Produk perikanan yang banyak diekspor ke Jepang biasanya adalah ikan tuna, udang, dan cumi-cumi. Di tahun 2020, nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Jepang mencapai 276 juta USD.
6. Plywood
Sumber : Pexel.com/cottonbro studio
Plywood atau kayu lapis merupakan produk kayu olahan yang banyak dihasilkan di Indonesia dan memiliki potensi besar dalam meningkatkan ekspor non-migas. Jepang menjadi salah satu negara yang langganan untuk mengimpor plywood dari negeri kita. Jepang membutuhkan plywood untuk industri konstruksi dan furnitur yang banyak dijalankan di negera mereka. Oleh sebab itu pada tahun 2020, nilai ekspor plywood Indonesia ke Jepang mencapai 204 juta USD. Wah banyak juga ya?
7. Sepatu
Sumber : Pexel.com/Mstudio
Indonesia adalah salah satu produsen sepatu terbesar di dunia dengan beragam merek lokal dan internasional. Di Jepang beragam merek lokal dan internasional seperti Wakai, Brodo, dan Octa Shoes yang semakin dikenal dan menjadi pilihan karena sepatu dari Indonesia dikenal dengan kualitasnya yang baik dan harganya yang terjangkau. Pada tahun 2020, nilai ekspor sepatu Indonesia ke Jepang mencapai 103 juta USD.
Dari produk pertanian hingga produk manufaktur, semuanya memiliki keunggulan masing-masing yang mampu menarik minat konsumen Jepang. Pemerintah Indonesia juga telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan inovasi produk-produk Indonesia agar dapat terus bersaing di pasar global, termasuk pasar Jepang.
Semoga dengan adanya artikel ini, kamu mendapat gambaran mengenai potensi ekspor Indonesia ke pasar Jepang. Jika kamu tertarik, kamu bisa menghubungi nomor ini untuk mempelajari ekspor impor lebih dalam lagi.
Leave a Comment