Sumber: www
Motif-motif batik yang rumit dan detail, menjadikannya sebagai salah satu produk khas Indonesia yang sangat laku di pasar Korea Selatan. Batik juga telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai karya seni tekstil yang indah dari Indonesia, lho.
Di Korea Selatan, minat terhadap batik Indonesia terus berkembang. Baik sebagai pakaian, aksesori, atau sekedar dekorasi. Banyaknya orang Korea Selatan yang mengapresiasi seni juga membuat Batik banyak disukai dan ramai peminat.
2. Kopi
Sumber: www
Sebagai komoditas terbesar Indonesia, tentu saja Kopi masuk jajaran produk khas Indonesia yang laku di Korea Selatan. Banyaknya variasi kopi dari Indonesia juga membuat konsumen Korea Selatan memilih kopi dari Indonesia. Salah satunya adalah jenis Kopi Arabika yang memiliki rasa yang unggul.
Faktor lain yang menjadi alasan larisnya kopi Indonesia adalah kebiasaan orang Korea Selatan yang memang rutin mengonsumsi kopi. Banyak cafe dan coffee shop di Korea Selatan yang menyajikan berbagai menu racikan kopi yang dinikmati oleh konsumen dari berbagai kalangan.
3. Kerajinan Tangan
Sumber: www
Sebagian besar orang di Korea Selatan menjunjung tinggi nilai seni sehingga mereka sangat menghargai dan mengapresiasi para seniman. Oleh karena itu lah kerajinan tangan khas Indonesia seperti anyaman bambu, kain tenun, keramik, serta patung banyak diminati orang Korea Selatan sebagai dekorasi.
Adanya elemen seni tradisional yang terkandung dalam motif dan bentuk kerajinan tangan membuat kerajinan tangan khas Indonesia memiliki nilai artistik yang tinggi. Selain itu bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan alami sehingga produk kerajinan akan lebih kuat dan tahan lama.
4. Produk Herbal dan Suplemen
Sumber: www
Seperti negera asia lainnya, Korea Selatan memiliki keyakinan yang kuat terhadap produk herbal dan obat-obatan tradisional. Termasuk produk herbal dari Indonesia yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang berkualitas.
Selain itu suplemen dari Indonesia juga cukup laris di Korea Selatan, namun untuk memasarkan produk ke negeri gingseng tersebut, produk yang dikirim harus memiliki sertifikasi dan regulasi yang ketat untuk memastikan keamanan produk tersebut.
5. Makanan dan Snack Tradisional
Sumber: www
Alasan utama yang menjadikan makanan tradisional Indonesia populer di Korea Selatan tentu saja rasa nya yang khas. Makanan tradisional Indonesia memiliki bumbu-bumbu tradisional seperti rempah-rempah, sambal, santan, dan kecap yang tidak ada dalam racikan bumbu makanan Korea Selatan.
Contoh makanan dan snack tradisional Indonesia yang disukai orang Korea Selatan adalah Nasi Goreng dan Keripik Tempe. Bahkan ada beberapa Nasi Goreng cepat saji yang dijual di mini market, lho. Bahan-bahan alami yang digunakan dalam olahan makanan Indonesia juga disukai orang Korea Selatan yang menyukai makanan sehat.
6. Batu Permata
Sumber: www
Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber alamnya. Termasuk batu permata asal Indonesa yang terkenal indah dan berkualitas tinggi. Orang Korea Selatan yang memiliki selera dan minat yang tinggi pada perhiasan tentunya menyukai batu permata unik dari Indonesia.
Beberapa jenis batu permata yang banyak diekspor oleh Indonesia antara lain zamrud, safir, topaz, dan opal. Keahlian pengrajin permata di Indonesia dalam memoles batu permata hingga mencapai nilai optimal juga menjadi salah satu faktor mengapa permata dari Indonesia menarik minat banyak mata.
7. Produk Perawatan Kulit
Sumber: www
Meskipun Korea Selatan terkenal akan produk perawatan kulitnya yang mendunia, namun orang Korea Selatan juga menyukai produk perawatan kulit dari Indonesia, lho. Produk perawatan dengan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, buah-buahan, dan rempah-rempah berhasil menarik minat konsumen Korea Selatan yang memang memiliki ketertarikan yang tinggi akan perawatan kulit.
Brand seperti Mustika Ratu, Sariayu Martha Tilaar, dan Bali Alus yang menggunakan bahan bahan alami khas Indonesia berhasil menciptakan produk body scrub, minyak pijat, minya rambut khas Indonesia yang dapat diterima oleh pasar Korea Selatan.
Kehadiran produk khas Indonesia yang laku di pasar Korea Selatan adalah bukti nyata akan daya tarik dan potensi produk Indonesia di tingkat internasional. Hal ini juga membuktikan bahwa brand lokal Indonesia memiliki peluang yang terbuka lebar untuk memasuki pasar Internasional.
Bagi kamu yang tertarik ingin memperluas jangkauan bisnis yang kamu punya untuk sampai ke pasar luar negeri, kamu bisa mengirimkan produk kamu dengan Cepatin.id. Silahkan hubungi nomor ini untuk berkonsultasi lebih lanjut atau kamu memiliki pertanyaan seputar ekspor-impor ya.
Posting Komentar