x
C E P A T I N
X
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.

Blog Details

blog

Cara Packing Benda Kaca Untuk Dikirim ke Luar Negeri

Kaca merupakan benda rapuh yang mudah rusak karena terbuat dari bahan yang rentan pecah. Oleh karena itu, untuk mengirim produk kaca ke luar negeri, kamu memerlukan penanganan khusus supaya produk kaca yang kamu kirimkan bisa sampai dengan selamat dan tanpa damaged.


Hal sangat penting yang perlu kamu perhatikan dalam proses pengiriman produk berbahan kaca adalah cara packing nya. Dalam artikel kali ini cepatin akan membahas tentang bagaimana cara packing yang tepat untuk mengirim benda berbahan kaca yang mudah rusak ke luar negeri.


1. Gunakan Box Kardus yang Kokoh

bTTt6jW.jpg

Sumber: unsplash.com/Kelli McClintock


Hal pertama yang perlu kamu siapkan adalah box yang terbuat dari kardus yang kokoh. Benda yang kamu kirim tentu saja memiliki packaging berupa box, namun kamu perlu menyediakan box yang lebih besar lagi untuk membuat barang yang kamu kirim lebih aman.


Pilih lah kardus berbahan tebal yang tidak mudah tertekuk. Sesuaikan juga kardus dengan benda yang hendak kamu kirim supaya tidak terlalu besar dan menyebabkan banyaknya ruang kosong dalam pengemasan.


2. Lapisi Produk dengan Kertas atau Kain

cdER0vI.jpg

Sumber: www.freepick.com


Jika kamu mengirim lebih dari satu benda, ada kemungkinan gesekan atau benturan antar benda yang terjadi selama di perjalanan. Hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan, oleh karena itu untuk menghindarinya kamu perlu melapisi sisi luar benda yang kamu kirim dengan kertas atau kain.


Jika benda yang kamu kirim memiliki packinging satuan, demi keamanan sebaiknya kamu buka terlebih dahulu packaging tersebut dan melapisi benda berbahan kaca di dalamnya dengan kertas atau kain ya. Melapisi kertas di luar kardus tidak dapat melindungi benda yang ada di dalamnya.


3. Lapisi Lagi Produk dengan Bubble Wrap

UFIv4AI.jpg

Sumber: www.freepick.com


Setelah dilapisi dengan kertas atau kain, untuk mencegah benturan dengan benda lainnya saat proses pengiriman berlangsung, ada baiknya jika kamu melapisinya kembali dengan bubble wrap secara satu persatau.


Ingat ya, ketika menggunakan bubble wrap kamu harus menempatkan bagian yang rata di sisi luar dan bagian yang ada gelembung nya di sisi dalam. Beberapa orang masih salah menggunakan bubble wrap dan menempatkan nya secara terbalik sehingga perlindungan terhadap benda yang dibungkus menjadi tidak maksimal.


4. Ganjal Ruang Kosong dalam Box Kardus

QLi9Xkr.jpg

Sumber: unsplash.com/Bench Accounting


Jika box kardus yang digunakan sebagai wadah utama pada nomor 1 masih memiliki ruang kosong, sebaiknya kamu mengganjalnya dengan stereofom, kertas serut, atau potongan karton ya. Pastikan supaya tidak ada ruang kosong lagi di dalam box pengiriman.


Ruang kosong pada box bisa mengakibatkan benda yang kamu kirim tergeser atau terguling selama perjalanan, adanya pergerakan benda tentu dapat memicu kerusakan pada benda yang mudah rusak seperti kaca. 


5. Lapisi Kembali dengan Packing Kayu

f7rT7Py.jpg

Sumber: www.freepick.com


Untuk memastikan bahwa benda yang kamu kirim tetap aman, kamu bisa menambahkan packing kayu sebagai perlindungan terluar. Jenis packing ini sangat dianjurkan untuk mengirim barang yang pecah belah atau mudah rusak seperti kaca.


Beberapa jasa logistik juga menyediakan layanan jasa packing kayu, jadi bagi kamu yang bingung cara packing dengan kayu, kamu bisa menyerahkan paket yang sudah kamu packing ke pihak jasa ekspedisi yang kamu pilih dan minta untuk melapisi paket kamu dengan packing kayu.


Meskipun tidak dapat menjamin 100% keselamatan barang yang kamu kirim, namun dengan mengikuti cara packing di atas, kamu bisa meningkatkan keselamatan produk berbahan kaca yang kamu kirimkan. Untuk membuat kamu semakin yakin, silahkan lakukan uji coba goncangan terlebih dahulu dan jangan lupa pasangan stiker fragile pada bagian terluar yang dapat dengan mudah terlihat.


Bagi kamu yang ingin mengirimkan barang berbahan kaca ke luar negeri, kamu dapat mengirimkan barang kamu dengan cepatin. Silahkan berkonsultasi dengan admin kami pada nomor berikut ini perihal hal-hal yang tidak kamu pahami tentang ekspor-impor ya.


Leave a Comment