X
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.
CEPATIN INDONESIA menangani jasa pengiriman ekspor impor dari atau ke seluruh dunia.
Affordable Cost
Tracking Moving
Taman Meruya Ilir Blok A18 no 8-D. Kembangan, Jakarta Barat. 11620.

Keunikan Kemasan Produk Ekspor Indonesia yang Menarik Hati Konsumen Asing

blog

Keunikan Kemasan Produk Ekspor Indonesia yang Menarik Hati Konsumen Asing

Saat ini persaingan di pasar internasional semakin ketat. Setiap negara berlomba-lomba untuk memasarkan produk unggulannya ke seluruh penjuru dunia. Salah satu elemen kunci yang berperan dalam kesuksesan produk di pasar global adalah kemasan. Kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk, tetapi juga sebagai media komunikasi yang bisa menyampaikan cerita, identitas, dan nilai-nilai yang diusung oleh produk tersebut. Bagi konsumen asing, kemasan yang menarik dapat menjadi faktor penentu dalam memilih sebuah produk.


Negara kita memiliki kekayaan budaya yang melimpah sehingga memiliki potensi besar dalam menciptakan kemasan produk ekspor yang unik dan menarik namun tetap memiliki unsur khas Indonesia. Banyak brand Indonesia yang telah berhasil menembus pasar internasional dengan memanfaatkan keunikan budaya lokal, dan kreativitas dalam desain kemasan mereka. Keunikan ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mengandung nilai-nilai yang bisa memberikan pengalaman berbeda bagi konsumen asing.


Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi keunikan kemasan produk Indonesia di pasar global.


1. Sentuhan Budaya Lokal
QqG5V4R.jpeg
Sumber: kopibara.id deltacoffee.co.id

Ada banyak daerah di Indonesia yang memiliki kebudayaan khas nya masing-masing. Dibandingkan dengan kemasan minimalis yang banyak ditemui di pasaran, konsumen internasional akan lebih menyukai kemasan yang unik dan menarik perhatian mereka.

Tambahkan juga unsur budaya lokal yang relate dengan produk yang dikemas untuk menambah daya tarik. Contohnya adalah kemasan Kopi Gayo dari Aceh yang memasukan unsur batik dalam kemasannya. Dengan warna merah kuning yang kontras dan motif khas Aceh, kemasan Kopi Gayo cukup menarik perhatian para pecinta kopi di luar negeri.

2. Penggunaan Bahan Ramah Lingkungan
oGGtzyx.jpeg
Sumber: balialus.co.id

Meningkatnya jumlah sampah kemasan setiap tahunnya menjadi salah satu alasan mengapa kamu harus menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Ada banyak kemasan ramah lingkungan yang bisa digunakan seperti kemasan berbahan kertas atau plastik daur ulang.

Menggunakan bahan yang ramah lingkungan juga akan membuka kesadaran orang lain akan pentingnya menjaga bumi kita, lho. Contohnya adalah brand Bali Alus, selain menggunakan bahan-bahan organik untuk produk mereka, Bali Alus juga menggunakan bahan yang ramah lingkungan untuk kemasannya.

3. Desain Kreatif dan Inovatif
jAJpmrT.jpeg
Sumber: javara.co.id

Design kemasan yang menarik bisa membedakan suatu produk dengan pesaingnya, oleh karena itu penting bagi suatu brand untuk memiliki kemasan yang kreatif untuk produk mereka supaya terlihat menonjol.

Kemasan yang baik adalah kemasan yang masih mempertahankan image brand seperti warna dan lainnya. Seperti brand Javara yang menggunakan font aksara tradisional, selain itu design pada kemasan Javara juga menggambarkan apa ingredients yang terkandung didalamnya seperti  Veggie Pasta dengan kemasan berbagai gambar sayur atau Plant-Based Food Colorants dengan kemasan bergambar bahan baku setiap pewarna.

4. Informasi yang Jelas dan Menarik
NSK4OIK.jpeg
Sumber: www.sasa.co.id

Selain punya design yang kreatif, sebuah kemasan juga harus menarik dan informatif. Penggunaan bahasa yang baik juga memiliki pengaruh besar karena konsumen internasional belum tentu mengetahui apa yang terkandung dalam produk yang tidak familiar bagi mereka seperti produk-produk khas Indonesia.

Salah satunya adalah brand bumbu masak Sasa. Meskipun di pasar global bersaing dengan berbagai brand bumbu masak dari negara lain, namun sasa berhasil memikat perhatian konsumen dengan informasi yang membuat produknya menjadi khas.

5. Cerita di Balik Produk
BiEHc99.jpeg
Sumber: www.pipiltincocoa.com

Story telling merupakan salah satu faktor yang bisa menyetuh hati konsumen secara langsung. Dengan kemasan yang menceritakan suatu hal dari produk seperti proses produksi, kamu bisa lebih membuat konsumen relate dengan produk kamu.

Contohnya adalah brand cokelat asal Indonesia yang sudah masuk pasar global, Pipiltin Cocoa. Pipiltin memiliki berbagai varian cokelat yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia dan setiap varian memiliki kemasan yang merepresentasikan daerah masing-masing.

Keunikan kemasan produk ekspor Indonesia tidak hanya terletak pada design yang menarik, tetapi juga pada bagaimana kemasan tersebut mencerminkan kekayaan budaya dan nilai-nilai lokal. Dengan memadukan unsur-unsur budaya, keberlanjutan, kreativitas, informasi yang jelas, dan cerita di balik produk, kemasan produk ekspor Indonesia mampu menarik hati konsumen asing dan meningkatkan daya saing di pasar global.


Bagi kamu yang tertarik ingin impor produk ke luar negeri, kamu bisa mempercayakan Cepatin untuk mengirim produk kamu. Dengan Cepatin kamu bisa mengirim barang dengan cepat dan mudah ke luar negeri sekarang! Klik di sini untuk langsung terhubung dengan kontak Cepatin.


Posting Komentar

Komentar